Kapal China Memecahkan Rekor Terlama Berdiam di Perairan Jepang



3 kapal penjaga perairan Tiongkok bertahan di perairan Jepang dekat pulai Senkaku di Laut China Timur selama 80 jam 36 menit hingga akhirnya meninggalkan area tersebut pada Minggu malam.

Ini merupakan periode terlama kapal penjaga perairan Tiongkok masuk ke dalam teritorial laut Jepang semenjak pemerintah Jepang menempatkan pulau tersebut dalam kendali ke dalam pemerintahan Jepang pada tahun 2012.

Pulau-pulau tidak berpenghuni tersebut sebelumnya telah diklaim sebagai milik Tiongkok dengan nama pulau Diaoyu dan menjadi sumber gesekan antara Tiongkok dan Jepang.

Awalnya, empat kapal penjaga perairan Tiongkok memasuki perairan wilayah Jepang di dekat pulau Senkaku pada hari Kamis (30/4), menurut sumber dari patroli penjaga perairan Jepang.

Salah satu diantara kapal tersebut, masuk ke dalam zona di luar teritorial Jepang namun 3 diantaranya masih tetap berada di perairan Jepang yang nampaknya mengikuti sepasang kapal penangkap ikan milik Jepang sehingga mendapat peringatan dari kapal penjaga perairan milik Jepang.

Menurut informasi dari kapal penjaga perairan Jepang, ke-3 kapal patroli Tiongkok tersebut pergi dari zona pada hari Minggu pukul 19:45 waktu setempat.

Dari ketiga kapal tersebut, salah satunya dilengkapi dengan senjata meriam otomatis dan itu merupakan ke-67 kali berturut-turut kapal penjaga perairan Tiongkok memasuki wilahay teritorial Jepang, termasuk di zona yang berdekatan dengan pulau Senkaku. (Kyodo News)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama